Asyiknya Petualangan Rafting Bogor Bersama Outbound Bogor DPA

Asyiknya Petualangan Rafting Bogor Bersama Outbound Bogor DPA

Bogor merupakan salah satu surga wisata alam di Indonesia, disini ada banyak sekali pilihan paket wisata alam, terutama bagi para peminat kegiatan Outbound Bogor dan adventure.

Salah satunya adalah paket Arung Jeram Bogor / rafting Bogor yang sangat cocok dipilih oleh wisatawan ketika sedang liburan bersama keluarga atau teman terdekat bahkan terutama rekan kerja di kantor.

Sekilas Tentang Kegiatan Rafting / Arung Jeram Bogor

Arung Jeram Bogor merupakan kegiatan wisata alam berupa arung jeram yang dilakukan di sebuah aliran sungai. Bagi siapa saja yang ingin dan tertarik melakukan kegiatan Rafting  bogor ini dapat menjadi pilihan destinasi utama. Apalagi bagi mereka yang tinggal di ibukota Jakarta atau sedang mengadakan acara liburan di kota metropolitan tersebut.

Rafting Bogor selalu menjadi lebih mengasyikan ketika dilakukan secara kelompok. Karena dalam kegiatan Rafting Bogor ini, dibutuhkan kerjasama yang kompak dalam tim agar perahu dapat melaju dengan lancar.

Selain itu, dengan adanya kekompakan pada sebuah tim, manuver untuk menghindari jeram atau batu maupun ringtangan lainnya bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

Oleh karena itulah, banyak pelancong juga komunitas perusahaan yang senang memilih paket rafting Bogor sebagai kegiatan utama saat mengadakan acara kegiatan Outing ataupun Outbound Bogor ini.

Biasanya melalui kegiatan Outbound Bogor / rafting Bogor ini, akan tercipta sebuah kekompakan dan kerjasama yang baik antara peserta rafting yang satu dengan yang lain.

Menuju Arung Jeram Bogor

Rafting BogorDari Jakarta, Bogor dapat diakses dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam saja. Selain itu, untuk mendatangi kota Bogor, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Kemudian setelah sampai di tempat tujuan, tempat tujuan wisata paling favorit yang selalu menjadi destinasi utama kegiatan Outbound Bogor di kawasan puncak.

Di kawasan inilah wisatawan dapat memilih berbagai macam kegiatan Outbound Bogor / Arung Jeram Bogor dengan segala kelebihannya. Selain karena lokasinya yang sangat strategis dan mudah dijangkau dari arah mana saja, kegiatan wisata alam rafting Bogor / Outbound Bogor selalu menawarkan paket-paket dengan harga yang sangat murah.

  1. Rafting Bogor  Sungai Cisadane

Rafting Bogor Sungai Cisadane merupakan sebuah kegiatan wisata alam yang sangat asyik untuk dilakukan bersama teman-teman atau keluarga. Lokasinya terletak di Caringin Bogor, tidak terlalu jauh dari Stasiun Maseng.

Salah satu kelebihan utama dari Outbound Bogor rafting Bogor ini adalah terdapatnya suatu bendungan yang ukuran ketinggiannya mencapai kurang lebih 4 meter. Bendungan ini nantinya akan dilewati oleh peserta rafting Cisadane menggunakan perahu khusus. Ketika melalui bendungan ini, wisatawan dijamin akan mendapatkan sensasi yang sangat istimewa bahkan menjadi sebuah pengalaman hidup yang begitu mengesankan.

Untuk harganya, paket Arung Jeram Bogor di Outbound Bogor DPA , harga dipatok pada angka antara Rp. 195.000 saja per orangnya  dengan jumlah minimal peserta 10 orang. Jarak tempuh arung jeramnya kurang lebih 10 km, demikian pula dengan waktunya, sekitar 2 – 3 jam tergantung Debit air Cisadane

Dengan harga tersebut, wisatawan tidak hanya diajak untuk melakukan kegiatan petualangan alam berupa Arung Jeram Bogor Sungai  Cisadane saja namun juga akan mendapat beberapa fasilitas.

Fasilitas ini antara lain peralatan untuk rafting Bogor atau arung jeram, helm, jaket, dayung, makanan tradisional, kelapa muda, pemandu khusus dan tim penyelamat. Selain itu, ditambah dengan perlindungan khusus berupa asuransi.

  1. Rafting Bogor Sungai Kalibaru

Paket Arung Jeram Bogor lain yang tidak kalah menarik dan mengasyikan bisa ditemukan di Sungai Kalibaru. Untuk menjangkau lokasinya, dari Jakarta sesudah keluar di Sentul City atau Tol Sentul Selatan, kendaraan bisa diarahkan langsung menuju ke Desa Gumati Sentul.

Setelah itu dilanjutkan menuju Sukaraja Sentul dan di desa inilah titik awal dari petualangan rafting Bogor Sungai Kalibaru dapat dimulai.

Rafting Bogor Kalibaru menjadi pilihan rafting Bogor ternyaman dan teraman

Outbound Bogor DPA menilai bahwa Arung Jeram Bogor sungai Kalibaru ini menjadi tempat Arung Jeram Bogor teraman dan ternyaman , disebut ternyaman karna posisinya yang berada didalam kota , menuju Rafting Bogor Kalibaru ini , pengunjung ngga perlu repot repot , ngga jauh dan ngga perlu berberpanas panas untuk sampai kelokasi Rafting.

Sepuluh Menit Dari Pintu Tol Sentul Selatan

Sungai Kalibaru ini tepatnya berada didesa Sukaraja di Sentul, Bogor , kira kira 30 menit perjalanan dari pusat kota Bogor, sekitar 10 menit saja jika keluar dari pintu tol bogor maupun  keluar pintu tol sentul selatan

Disebut teraman karena sungai ini awalnya ditujukan sebagai sungai irigasi , di hulunya terdapat dam pengaturan air , yaitu dam Katulampa , dam ini menjadi sangat fenomenal ketika datang musim hujan dan musin banjir

Dengan adanya dam ini hampir bisa dipastikan peserta Outbound Bogor /arung Jeram Bogor terbebas dari bahaya air bah , memang sampai tahun 2000 , kiri kanan dan seputaran kalibaru adalah daerah pertanian sehingga debit air yang mengaliri sungai Kalibaru ini bisa diatur

Paket Outbound Bogor / Rafting Bogor Kalibaru bisa dicapai dengan waktu 15 – 30 menit , baik dari pintu tol sentul selatan , maupun dari kota Bogor , dengan jalur lalu lintas yang relatif nyaman dan tidak macet.

Paket Rafting Bogor Kalibaru memiliki Jarak pengarungan sekitar 7 km yang kalau dihitung waktu antara 1,5 jam sampai 2 jam pengarungan, sebagai sunga irigasi , Paket Arung jeram Kalibaru ini memiliki lebar sungai yang sempit , tetapi disinilah kelebihannya , karena sempinya sungai tersebut membuat aliran sungai menjadi deras

Paket Rafting Bogor – kalibaru selain aliran airnya yang deras , juga memiliki beberapa pintu air dengan ketinggian beragam , antara 1 meter sampai 5 meter , dengan tingkat kemiringan mencapai 75 derajat….mengasyikan…dan sangai memainkan adrenalin…

Meski banyak tantangan atau jeram yang harus dilalui, tetapi jumlah dam atau bendungannya juga tak kalah banyak. Sehingga debit airnya tetap aman untuk mereka yang baru pertamakali melakukan kegiatan rafting dan arung jeram Bogor.

Bersama Outbound Bogor dpa, Harga untuk mengikuti paket rafting / Arung Jeram Bogor ini sebesar 195 ribu rupiah per pengunjung dan jumlah pesertanya paling sedikit 10 orang. Fasilitas yang diberikan juga sama dengan fasilitas yang terdapat pada kegiatan paket rafting di Sungai Cisadane.

  1. Rafting Bogor Sungai Ciliwung

Rafting CiliwungMendengar nama Sungai Ciliwung, pasti akan muncul pemikiran bahwa tentang suatu aliran sungai yang sangat kotor bahkan berbau busuk. Tapi kondisi ini hanya terjadi di Jakarta saja.

Saat anda mengikuti kegiatan rafting Bogor Sungai Ciliwung bersama Outbound Bogor, anda akan menemukan suasana yang sangat jauh berbeda. Aliran sungainya sangat bersih, bening serta dikelilingi oleh panorama alam dengan keindahan yang begitu menakjubkan.

Dalam paket rafting Bogor Sungai Ciliwung terdapat 2 titik awal permulaan kegiatan yang masing-masing memiliki tantangan dan keunggulan sendiri-sendiri. Pilihan pertama bisa dimulai dari Cipari Kareo dengan dam atau bendungan air dengan ketinggian kurang lebih 2 meter.

Ketika melalui aliran yang satu ini, wisatawan tidak hanya diajak berpetualang di aliran sungai saja. Keindahan bangunan vila dengan desain arsitekturnya yang unik-unik juga dapat dinikmati.

Titik kedua pada kegiatan arung jeram atau rafting Ciliwung terletak di Pasir Angin Gadog, yang menjadi markas Outbound Bogor DPA ,  Aliran sungai dan jeramnya tidak kalah menantang dan lebih deras.

Tidak jarang ada perahu yang terbalik namun tidak perlu takut karena setiap peserta selalu diberi kelengkapan keamanan berupa pelampung dan helm khusus.

Paket Outbound Bogor DPA untuk kegiatan rafting Bogor sungai Ciliwung ini sama dengan paket rafting Bogor  lainnya. Harganya sebesar 180 ribu rupiah saja per orangnya dengan jumlah peserta paling sedikit 10 orang dengan jarak tempuhnya sekitar 8 km, sesuai rafting Ciliwung yang dipilih.

Tips Melakukan Kegiatan Rafting / Arung Jeram Bogor

Outbound Bogor memiliki beberapa tips yang harus selalu diperhatikan sebelum melakukan Rafting Bogor , setiap peserta, minimal harus sudah berusia 14 tahun dan  harus mendapat pendampingan khusus dari orang tua dan pemandu.

Kemudian khusus bagi penderita penyakit epilepsi, asma, jantung dan wanita yang sedang mengandung juga dilarang ikut di kegiatan Arung Jeram / Rafting Bogor ini.

Tips selanjutnya, selalu pakai peralatan yang disediakan oleh pengelola kegiatan wisata alam rafting Bogor terutama helm dan jaket pelampung.

Selain itu, semua instruksi dan petunjuk yang diberikan oleh tim resque atau pemandu harus taat dijalani, karena semua arahan tersebut bertujuan untuk memberikan  keselamatan yang lebih maksimal bagi setiap peserta Arung Jeram / Rafting Bogor ini

Ketika datang dan ikut rafting Bogor namun hanya bersama beberapa teman saja, harus mau digabung bersama rombongan lain. Karena apabila dalam setiap jumlah penumpangnya tidak penuh, akan memunculkan resiko lebih besar terhadap kecelakaan.

Sebagai tips terakhir, Outbound Bogor dpa kembali mengingatkan , rafting Bogor itu merupakan sebuah kegiatan wisata alam yang penuh dengan tantangan. Karena itu, jangan lupa perut anda jangan sampai kosong  dan jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberi keselamatan ketika ikut bergabung dalam paket rafting Bogor tersebut.

Rafting Bogor dengan Tingkat Kesulitan kelas  2 & 3

Rafting / Arung Jeram Bogor ini , sesuai kondisi sungai  di Bogor, memiliki tingkat kesulitan pengarungan sungai  antara kelas 2 dan 3, kelas 2 maksudnya sungai memiliki gelombang tidak terlalu tinggi. Jarak antar batu besar agak renggang.

Observasi (pengamatan) untuk menentukan lintasan yang akan diambil) tidak perlu dilakukan. Self rescue masih mudah dilakukan.

sedangkan Kelas 3 ,  Riam-riam air dan gelombang yang tidak terduga, manuver sangat dibutuhkan untuk dapat menghindari batu atau hole. Scouting untuk menentukan lintasan sangat membantu bagi yang belum berpengalaman.

Untuk yang sudah berpengalaman dapat melakukan scouting tanpa menghentikan perahu , self resque masih dapat dilakukan , team resque harus senantiasa siaga pada jeram jeram yang dianggap berbahaya .

Peminat kegiatan wisataRafting / Arung Jeram Bogor pemula memang disarankan mengikuti kegiatan arung Jeram pada level ini.

Asal tau saja untuk Rafting / Arung Jeram Bogor dengan klasifikasi sungai Kelas 4 tidak cocok bagi peminat Rafting pemula , biasanya jeramnya sambung menyambung dan sulit seringkali ditemukan gelombang setinggi 2 meter berbaerengan dengan belokan tajam.

Manuver cepat dan terlatih dalam Rafting Bogor sangat diperlukan , medan cukup memiliki potensi untuk terjadinya kecelakaan, self rescue sulit dilakukan dan tim rescue sangat perlu dalam pengarungan

Jadi mari Rafting Bogor bersama Outbound Bogor…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *